Pengikut

15 Oktober 2011

BCO



Apa itu Bco ?

BCO (Bank call officer) adalah Call center. Profesi pertama yang aku pilih untuk mengeksplor ilmu yang aku dapat dari bangku kuliah. Agak sedikit tidak nyambung memang dengan jurusan kuliah ku yang manajemen keuangan.Tapi tidak ada salahnya kan menjajal ??

Awalnya..

Bisa dikatakan ilmu ku nggak ada sangkut pautnya dengan profesi ini. Cuma hitungan aja yang masih digunakan.Bedanya diprofesi ini apa-apa mesti kilat. Mulai dari bicara,mikir,ngetik,ngitung, dan kasih solusi harus cepat.Maksimal servicenya 4 minute.Bisa lebih juga kalau casenya complain. Selain itu kalau casenya easy hanya diberi waktu service 2 minute.Target dalam satu hari 80 calls.

Wew.. Tantangan yang nggak ada duanya?!

Aku diterima diperusahaan tempatku kerja, dibulan mei 2011 tepatnya tanggal 4 dan nggak terasa sekarang sudah "lima bulan". Dan banyak ilmu yang aku dapat dari profesi ini

Mulai dari belajar bicara baku, analisa, berani mempertahankan pendapat, menjelaskan dengan baik pada nasabah, sabar, ngeles(jangan ditiru),sopan,tegas,dan berorganisasi.de..el..el..

Sebelum terjun ke medan perang(work station).. kami dijejali dengan materi yang bukunya setebal roti bantal. Kalau dihitung kira-kira sekitar ratusan halaman.Dan yang bikin nyiksa dan aku anggap ini like "kerja rodi" adalah waktu penguasaan materi yang targetnya only "one month". Damn!!

Parahnya..otak ku tidak mudah untuk menangkap cepat semua materi yang aku dapat. hehe..

Aku terbiasa langsung praktek.Karena dibangku kuliah pun aku terbiasanya teori langsung praktek. Jadi, pada waktu itu aku akui aku kewalahan menghafal per babnya. Yang aku bisa pada saat itu hanyalah berdoa kepada rabbku.. agar aku mampu melewati pembelajaran ini.

Beruntungnya aku dipertemukan teman-teman baru yang nantinya jadi teamku. Dan kami tergabung dalam batch "D".

Batch D Cewek

Erly,Euis,Aku,Mbak Ida,Mbak LIa,Lia,Kak Ocha,Mbak JIhan,Ulfa,Galuh.

Dibuku tebal itu banyak ragam materinya. Dari situ aku mulai kenal yang namanya screen hijau(card link),elmo(semacam email), vertigo,dan lain sebagainya.

Setiap harinya aku bicara dengan banyak orang yang tanpa aku tau siapa orangnya?? unik kan? Dalam 1 bulan kalau dihitung-hitung nggak terasa aku sudah berbicara dengan Ribuan orang yang aku nggak tau wajahnya ? aku cuma kenal suara dan aku gak tau secara fisiknya.

Pengalaman dimedan perang ini juga macam-macam. Mulai dari case mudah sampai bikin tepok jidat (sulit) dan yang paling hot itu kalau case complain.Puannjangg..dech kalau sudah berurusan dengan case semacam ini.Bahkan ada case yang ujung-ujungnya bikin para BCO tenar didunia maya.Gara-gara case complain itu tentunya.hihi...

Untungnya kalau lagi berhadapan dengan nasabah-nasabah yang ajaib itu pakai nama samaran.Jadi aman..

Sialnya waktu masuk kelas training terakhir. So.. dapat namanya nggak bisa milih. huh sebel.. Akhirnya terpaksa dech.. Ngambil nama salah satu personilnya band club 80's. 

Pertama kali pakai nama itu lucu sekali.. asing banget rasanya. Banyak nasabah yang bilang mbak namanya kayak artis ya. Aku cuma bisa tertawa kecil.. Iya pak.. Iya bu.. Tapi paling senang saat ada yang ngucapin "have greet job" ya mbak. Dan ada yang mengatakan mbak suaranya bagus..(malu euy)..seperti biasanya. muka ku bersemu merah jambu. 

Paling sebelnya kalau terima calls dari nasabah yang lahir periode 1950"an. Biasanya lama banget nangani yang umur segini. Soalnya udah pada tua dan hobbinya ngobrol. Apalagi yang sudah pensiun suka lupa sama utangnya.. Selain itu juga sebel banget kalau ada nasabah yang marah-marah dan nyerocos kayak kesurupan. Bikin emosi jiwa.

Dari profesi ini intinya aku banyak mendapatkan pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan. 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di koment ya guys..